MANGGA PINARAK

SELAMAT DATANG DI DEWASAKU.BLOGSPOT.COM. SEBUAH BLOG SEDERHANA SEBAGAI MEDIA MENULIS YANG MENCERITAKAN PENGALAMAN DAN BUAH PIKIRAN SEHARI-HARI SEMOGA BISA MENJADI MEDIA INFORMASI DAN HIBURAN YANG PASTINYA MASIH JAUH DIBANDING TELEVISI...

Selasa, 25 Maret 2008

KERETA API


Pagi iTu aku bangun kesiangan, yang semula punya rencana pulang kampong ke kediri jam 5 pagi naek kreta. Eh malah bangun jam 7, dibangunin temenku lg, si yusca item. Oke, aku langsung mandi, prepare buat brangkat jam 9 aja naek kereta sri tanjung.

Nyampek stasiun jember, aku ketemu ma Lita, temenku smp dulu yang ternyata jg pulang ke kerumah bonyoknya (ya iyalah, masak ke rumah pembantunya). Kita ngobrol2 sebentar skalian nunggu kretanya dating. Trus temen cowokny dating, n mm dah punya janji buat pulang bareng Lita. Ngrasa g enak n dikira orang ke 3,4,5 dalam magligai rumah hantunya dan seterusnya. Aku masuk aja dulu ke ruang tunggu. Sambil cengar-cengir liat2in orang sapa tau aja ada orang yg aku kenal. Eh mm nasib, g ada satu orangpu yang aku kenal, sampai tiba2 ja ada anak kira2 seumuran aku gitu, nyamperin aku n tiba2 juga ngasih tanganya buat salaman ma aku. Ngrasa g enak ma dia, aku njg salaman ma dia. Kita jg ngobrol2 g penting gtu. (padahal suer aku g kenal ma dia). Malah aku takut n dg reflek yang dah diajarkan dalam sekolah2. pasti ada sesuatu yg g beres.

Dengan cerdasnya aku langsung menganalisis jgn2 anak ini:
pengen ngrmpok aku, cz aku keliatan bw tas besar yang mungkin dikira bw emas dari Freeport.
aku dikira bru pulang dari Malaysia jd TKI yang bw uang sekarung.
aku dikira artis ibukota yang siap melayani foto bareng.
Tp yang paling g mungkin no.3 deh (sevara mana ada artis naek kreta ekonomi) hehehehehehe……

Setelah nunggu beberapa lama, akirnya dating juga keretanya, n aku masuk dengan riang gembira seperti anak kambing yang harus antri biar dpt makanan. Langsung hatiku terhentak seketika tatkala kuliat buanayak bgt manusia yang ada di krete ini. (biasa aja buk, namanya kereta api EKONOMI, beda donk ama bisnis ato ecekutip). Dan sdh kuduga sblonya klo akira aku g dpt duduk trus berdiri kyk patung selamat datAng.

1 hal janggal yg kualami dan patut aku bagikan ke kalayak rame karena sangat bermanfaat abgi ibu2 menyusui adlh, ada I bagian kursi yg g ada yg dudukin. Aku langsung putar otak n cri2 kira2 alasan apa yng ngebuat keanenahan itu. Padahal klo dilihat dr bnyknya jmlh penumpang yg berdesak2an, mreka shrusnya duduk d kursi penuh tanda Tanya itu. Otak kreatipku langsung bekerja, kemungkinan2 itu adalh
kursi itu pasti g keliatan bg semua orang. Karena hanya orang2 beriman aja yang bs liat.
kursi itu bekas oarng buang tai trus bau bgt smp g ada yg mau nempati.
orang2 g ada yg mau duduk di kursi tak bertuan dan tak bernyonya itu, krn g mau dkt2 ma penumpang sebelhnya.
aku dah g bs mikir lg cz cuapeknya minta ampun.

Oke deh skrng aku nyerah buat berhalusinasi ttng kursi yg aku pkir g penting skrng jd puenting bgt itu. Gmn crnya biar aku bs duduk n ngrasa g capek
Akhirnya dengan semangat 45 seperti datuk maringgih sedang nglamar siti zubaidah, akupun Tanya ke mbak yg duduk di sebelah kursi itu.
“sorry mbak, kursinya ada yang pke g?”
“ada mas”
“saya pake dulu ya, nti klo yg punya dating aku berdiri lg (pintaku seperti anak kucing ngrayu majikanya)”
“ya”
Oh yes, terselesaikan sdh masalh yg yg membelenggu hati sanubariku. Hehehehe
Aku duduk di kursi itu dg perasaan riang gembira. Tanpa berpikir apapun ttng kursi yang ternyat lbh enak dibuat duduk drpd diliatin doank.

Tp semakin lamA aku ngrasa ada yng g beres dg tmpatku ini, aku ngrasa g nyaman aja. Kuliat kanan kiriku, depan belakangku, dan lansung aku tertegun. Do you know, whats wrong?
Mereka pada nglakuin 1 kegiatan masal scr serentak sperti digerekkan oleh dictator besar semacam Hitler pada zaman NAZI. Yaitu makan, makan dan makan. Mereka beli apa aja yang lewat, mulai kerupuk, nasi , minuman, Koran n majalh, buah, susu dan apalh hamper segala jenis makanan. Dan itu tdk berlangsung sekali duakali tetapi berkali2 smp perut mreka g bisa dimasukin rupiah2 yg mreka keluarin sepreti hidup akan berakir hari ini n mreka g butuhin uang lg. oh sungguh funtastik gaya hidup warga pribumi ini.

Bayangin aja mreka rela berdesak2an naek kreta yang penuh kesumpekan, bau, lama, jorok demi yang namanya murah. Tapi sebetulnya itu g sepenuhnya benar. Baca aja analisis seorang dewa imbisil berikut ini.

1. tarif kereta lbh murah disbanding bus
2. kereta lbh jorok disbanding bus
3. kereta lebih sumpek n kebanyakan penumpang sehingga rawan terjadi kecelakaan maupun crime
4. kereta lbh lama perjalannya disbanding bus.
5. di kereta lbh besar kecenderungan orang buat jajan n makan n makan.
6. blon lg buanyak pengamen yang hilir mudik berganti sift kerja.
7. blon lagi ada peminta sumbangan
8. blon lagi ada tukang sapu paksa, yang tiba2 aja nyapu lantai kereta yang dg tiba2 aja minta upah. Parahnya lg mereka marah n cenderung maksa klo g dikasih uang.

dan masih banyak blon lagi blon lagi lainnya yang siap nyusul pada research selanjutnya
so sebenarnya masyarakat Indonesia yang naek kereta ekonomi yang notabenee orang cilik, malah ngeluarin uang lbh bnyk disbanding orang yang naek bus. Nah dari sisi ini saja sdh bs disimpulkan bahwa orang Indonesia cenderung konsumtif. Mereka mikirin perut mulu. Makanya g salah klo Indonesia jd sasaran empuk seempuk burger pedas McD buat pemasaran barang, nah ini yang paling dimanfaatin kaum asing. Dan mreka menganggap kereta bagian dalam wisata, ato bahkan pasar, karena mereka bs dapeti barang yang macem2 kusunya mamin d dlm kereta.
nah dalam menangani kasus yang sangat krusial ini bahkan sampai jadi penyebab global warming ini, sebetulnya aku mengharapkan sangat bantuan , urun rembug, ato perhatian dari pekerja2 perkereta-apian khususnya temen aku yang sekarang dah makmur dan sukses, Kukuh.
seandainya aku sebagai ibu2 yang ingin menyampaikan saran kepada anak muda generasi penerus perkeretaapian, aku mo bilang begini ke temanku itu,
"hai... anak muda. kamu sebagai generasi penerus perkereta-apian. ibu sangat menaruh harapan yang sangat besar pada kamu. jangan biarkan kereta api kita dirusak oleh orang yang g mau bayar, buang hajat sembarangan, dan menjadikan kereta api kita kotor seperti kotoranmu. klo kamu tidak mengecamkan (kopi kaleee) omongan ibu ini, kamu akan ku kutuk jadi manusia yang ganteng dan terkenal seperti YUDHA DEWA PERMANA. heheheheeh...."

Tidak ada komentar: