MANGGA PINARAK

SELAMAT DATANG DI DEWASAKU.BLOGSPOT.COM. SEBUAH BLOG SEDERHANA SEBAGAI MEDIA MENULIS YANG MENCERITAKAN PENGALAMAN DAN BUAH PIKIRAN SEHARI-HARI SEMOGA BISA MENJADI MEDIA INFORMASI DAN HIBURAN YANG PASTINYA MASIH JAUH DIBANDING TELEVISI...

Minggu, 02 Maret 2008

Jay dan pendidikan

hah.... hey sobat blogku yang tercinta (itupun klo ada yang pernah buka blogku selama hidupnya), aku tuh g abis pikir. kenapa ya buat nyadarin akan pentingnya pendidikan ke generasi muda kita tuh susah bagt.
contoh aja nih ya, si Jay, temen kos aku yang ntar lagi UAN, buat nentuin lulus gaknya dia d STM tercinyanya itu. bru aja dia crita2 ke aku klo ntar dia lulus, dia bakal langsung buka usaha. wah gila, hebat bgt pikir aku. aku nanya,
"mau buka usaha apa kamu Jay?"
"Gni lho nti klo aku lulus sekolah, aku kan dah dpt modal dari bonyokku, aku mo buka usaha gtu". (percakapan seperti 2 orang pengusaha yang punya planning besar buat kemajuan bangsa ini)
"lha iya maksudku bidang apa"
"aku tuh pengenya usaha kecil2an dlu"
"Lha iya di bidang apa?" (seperti hantu penasaran)
"aku mau buka konter pulsa gtu, di Riau. aku yakin ntar bakal laris. klo kita ....4@%3yhnu(_^k"
(dengan penuh pertimbangan yang telah dia persiapin seolah2 sedang menghadap dosen yang lg sidang skripsi)
"apa? konter HP? mm kamu punya modal berapa?" (tanyaku spontan uhui...)
" gni lho, klo aku lulus nanti, aku bakal dapet modal dari bapakku 10 juta"
" itu pasti?"
"Gni lho, klo aku lulus trus aku kuliah bru aku dikasih 10 juta, klo aku g kuliah aku g dapet modal itu".
"ya udah klo gtu, kamu kuliah aja dlu, gtu aja kok repot"
"Masak aku kuliah wak?, aku tuh pusing klo trus ngadepin guru, aku iku yo, setelah diterngkan itu bisa, tapi 2 ato 3 menit lupa lgi." (yah klo itu kamunya aja yang....)

sodara2 sebangsa dan setanah air, Jay ini orangnya paling suka liat sinetron ato FTV ato palah namanya itu di SCTV. sehari dia bisa nabisin listrik berkilo2 watt cuma buat nonton tangis para ABG yang lagi putus. apa dia g tahu ape, yang namanya tarif listrik ntar lagi bakalan naek. nah klo ibu kos tahu tiba2 dia mesti bayar listrik yang mahal, wahhhh iniiii........, aku g thu apa dampaknya bagi Jay n semua anak kosnya. ada 2 kemungkinan,
  1. Jay bakal dikeluarkan dari kos, dan dia disuruh bayar listrik pas bulan itu sampe lunas.
  2. Bayar kos jadi naek (aduh jangan deh....)
  3. TV-nya bakal dijual, n ibu kos g pake listrik lagi. dia bakal pke lampu minyak

Gimana nasib kami selanjutnya, tunggu ja sinetron kita... hehehehe...

ok, kita balik lagi ke masalahnya Jay. nah heranku, kenapa Jay kok g prnah lupa ama sinetron2 yang pernah dia tonton. seminggupun dia pasti msh bisa critain dengan baik dan benar kayak soal ujian, n buset gilanya, dia juga g inget apa aja iklanya (ya iyalah, secara gtu bok...)

aku gak abis pikir aja ya, kenapa orang bisa dengan mudahnya hapal dengan yang namanya sinetron, pilem. tapi kok susahnya minta ampun klo inget2 pelajaran. uh... . Dan kasus yang lg aku hadapin ini malah parah, si Jay pernah crita ke kau klo dia mo beli aja ijazah. (hello? mo beli di pasar mana buk?....) pada intinya dia udah g napsu buat kuliah, kayak aku g napsu buat liat Jay, itulah perumpamaannya.

tapi dilematisnya, dia pengen 10 jutanya... (jangn gila deh loe, aku jg mau) sampe2 dia pernah punya rencana buat ngibulin bonyoknya yang merantau ke negeri yang amat jauh dimato. Riau

Nah sodara2, dari penggalan crita tadi ternyata uang bisa membutakan seseorang (sumpeh loe???...). Ya maksudku, bikin orang jadi lupa siapa ortu siapa kamu.

jadi anak muda pelajaran moral kita hari ini adalah,

PENDIDIKAN+USAHA+NASIB=MASA DEPAN

So jangan pernah putus sekolah selama kamu bisa, jangan berhenti buat berusaha, n jangan tanya ke aku gmn nasibmu (enak aja, mm aku peramal)

Tidak ada komentar: